SAMPAIKAN MATERI KEPEMIMPINAN, BUPATI DORONG PESERTA DIKLAT MENJADI PEMIMPIN BERINTEGRITAS

bkd.bondowosokab.go.id. Sesi materi kepemimpinan hari ini terasa istimewa, pasalnya bupati Bondowoso, Drs. H. Amin Sa’id Husni berkesempatan duduk sebagai narasumber dalam kegiatan pendidikan dan pelatihan kepemimpinan (Diklat PIM IV). Didampingi oleh sekretaris BKD (Drs. Apil Sukarwan) yang juga bertindak sebagai moderator,turut hadir juga semua kepala bidang, sub bidang dan kepala bagian dari BKD Bondowoso.

Sebagaimana diketahui bahwa diklat PIM IV angkatan 182 yang bermitra dengan badan diklat propinsi Jawa Timur  diikuti oleh 40 peserta yang terdiri dari pejabat eselon IV dari berbagai organisasi perangkat daerah (OPD). Sampai hari ini Diklat   sudah berlangsung selama lebih satu bulan.

Bupati berharap agar kegiatan diklat yang dilaksanakan dapat mencapai tujuan dan sasaran yakni memberikan manfaat kepada organisasi sehingga dapat berimbas pada kinerja pemerintah kabupaten Bondowoso secara keseluruhan. “ Kalian adalah bagian dari subsistem yang juga merupakan bagian utuh dari sistem pemerintahan secara keseluruhan, laksanakan tugas dalam kerangka sistem sehingga dapat berpengaruh pada kinerja,” papar bupati.

Bupati juga menyampaikan bahwa sebagai salah satu unsur pimpinan di organisasi harus dapat mengelola sumberdaya manusia secara efektif ditengah banyak keterbatasan. Pasalnya menurut bupati, Bondowoso adalah satu-satunya kabupaten di area tapal kuda yang paling banyak mempunyai keterbatasan dari sisi sumberdaya alam sehingga dibutuhkan kinerja sistem yang optimal untuk dapat bergerak cepat dan  bisa bersaing dengan kabupaten lainnya. “Integritas menjadi hal yang penting, jangan hanya sebagai casing atau kosmetik saja,” ungkap Bupati.

Capacity dan character building menjadi hal yang penting untuk dilaksanakan secara terus menerus,”imbuhnya.

Dalam kesempatan ini bupati juga memberikan ruang diskusi  kepada peserta. Sehingga pembelajaran terasa dinamis diselingi dengan dua sesi  tanya jawab dari peserta tentang berbagai hal aktual dan beberapa persoalan strategis yang ada di Bondowoso.

Setidaknya ada 6 pertanyaan yang datang dari peserta dan semuanya dijawab dengan gaya lugas dan detil oleh bupati. Sesi pembelajaran selesai sampai sore hari dan terasa sangat memuaskan. Sebelum beranjak keluar ruangan, bupati memenuhi permintaan peserta diklat untuk berfoto bersama. (Munir)

About munir

Lihat Juga

BUPATI SERAH TERIMAKAN SK PANGKAT, PENGANGKATAN PERTAMA DALAM JABATAN FUNGSIONAL DAN SK PNS GGD

bkd.bondowosokab.go.id. Sebanyak 631 petikan SK kenaikan pangkat peroide 1 Oktober 2018, SK pengangkatan pertama dalam …