BERAKHIR, BUPATI TUTUP DIKLAT PIM IV POLA BARU ANGKATAN 182

bkd.bondowosokab.go.id. Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan Tingkat IV Angkatan 182 Pemerintah Kabupaten Bondowoso akhirnya usai. Kegiatan diklat yang berlangsung selama kurang lebih empat bulan  sejak 15 Maret 2018 lalu hari ini (5 Juli 2018) secara resmi ditutup  oleh Bupati Bondowoso (Drs. H.Amin Said Husni).

Turut hadir dalam acara penutupan, selain 40 peserta diklat antara lain Plt. Sekretarris Daerah dan undangan yang terdiri dari kepala OPD se wilayah kabupaten Bondowoso.

Dalam laporannya, kepala BKD, Wawan Setiawan, SH,.MH mengatakan bahwa diklat PIM IV kali ini dilaksanakan dengan pola kemitraan antara pemerintah kabupaten Bondowoso dengan Badan Diklat Propinsi Jawa Timur dan dilaksanakan di Balai Latihan Kerja Industri Kabupaten Bondowoso. Dikatakan oleh kepala BKD bahwa Diklat PIM IV kali ini diikuti oleh 40 orang pejabat struktural eselon IV di lingkungan pemerintah kabupaten Bondowoso.

Kepala BKD juga menjelaskan bahwa materi diklat secara keseluruhan berjumlah kurang lebih 530 jam pelajaran dengan proses penyajian kelas, ceramah, diskusi, presentasi dan bench marking to best practice serta outbound. Sedangkan evaluasi terhadap peserta melibatkan seluruh widya iswara dan panitia penyelenggara berdasarkan penilaian aspek perilaku, disiplin, kepemimpinan, kerjasama dan prakarsa. Dan berdasarkan penilaian akhir seluruh peserta sebanyak 40 orang dinyatakan lulus.

Sementara itu Moh. Suluh, SH, MSi, mengatakan bahwa diklat pola kemitraan kali ini diharapkan betul- betul dapat meningkatkan kompetensi seluruh peserta dan dengan proyek perubahan yang telah dilahirkan dapat meningkatkan kinerja organisasi.

Bupati Bondowoso secara khusus menyampaikan pesan bahwa seharusnya apa yang dihasilkan dalam kegiatan diklat tidak sekedar formalitas atau hanya memenuhi syarat lulus. “Saya berharap hasil dari diklat berupa proyek perubahan dapat diimplementasikan di OPD masing-masing,”ungkap Bupati. “Saya minta semua kepala OPD untuk memfasilitasi dan memberikan dorongan kepada peserta diklat untuk terus meningkatkan kompetensi, karena dengan kompetensi akan menjadi modal untuk bertindak professional,” Imbuhnya.

Bupati juga menyampaikan bahwa profesionalisme harus diimbangi dengan integritas yang kuat, karena jika hanya mengandalkan  profesionalisme seseorang akan mudah tergelincir.

Pada kesempatan penutupan kali ini juga diumumkan sepuluh besar peserta dengan hasil kelulusan memuaskan dan tiga lulusan dengan predikat terbaik antara lain Moh.Munir, SH,.SIP,.MSi (BKD Bondowoso) dengan judul proyek perubahan “Diseminasi Alur dan Antar Dokumen Pensiun”, Arif Setyo Raharjo, SST.Par dengan judul “OTW BOSS” atau Ojek dan Tiket Wisata Online Sytem dan Ngadimin, SE (Inspektorat) dengan judul proyek perubahan “Peningkatan Mutu Hasil Pengawasan Melalui Telaah Sejawat Antar Tim Pengawasan”.

Ketiga proyek perubahan hasil diklat PIM IV ini secara khusus mendapat apresiasi dari Bupati Bondowoso  dan diharapkan dapat memberikan pengaruh pada upaya peningkatan pelayanan publik di OPD masing-masing  (Tim BKD)

 

About munir

Lihat Juga

BUPATI, AMBIL SUMPAH DAN LANTIK PENJABAT SEKRETARIS DAERAH

bkd.bondowosokab.go.id. Prosesi pengambilan sumpah dan pelantikan penjabat sekretaris daerah kabupaten Bondowoso usai sudah (Jum’at, 30/11). …