Breaking News

BAHAS ANEKA PERSOALAN, HARI INI SEKDA PANGGIL KEPALA UPT DIKNAS

BKD-Bondowoso.Info. Sekretaris Daerah Kabupaten Bondowoso (Drs. H. Hidayat, M.Si) hari ini (Senin, 24/08/2015) memanggil 23 kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas Pendidikan (UPTD) se kabupaten Bondowoso dalam rangka rapat koordinasi kepegawaian.
Rapat berlangsung di ruang sekretaris daerah dan dihadiri oleh Kepala BKD, Kepala Dinas Pendidikan (Diknas) dan beberapa pejabat lainnya.

Dalam sambutan pembukaan, kepala BKD (Wawan Setiawan, SH,.MH) memaparkan beberapa persoalan yang melingkupi aparatur sipil negara terutama di lingkup pendidikan. Dalam kesempatan ini juga disampaikan tentang pentingnya validitas data yang mudah diakses oleh semua pihak, penjelasan singkat tentang UU ASN ( aparatur sipil negara) terutama tentang seleksi sistem terbuka (open bidding) dan beberapa persoalan pokok kepegawaian yang ada di wilayah Bondowoso.

Pada kesempatan yang sama kepala BKD menyampaikan bahwa ada suasana dilematis jika mencermati komposisi ASN terutama di lingkup pendidikan. Jumlah pegawai pensiun yang jauh lebih banyak dari jumlah rekrutmen baru menjadi problem yang sulit dipecahkan. Sehingga ada beberapa kepala sekolah yang memutuskan untuk mempekerjakan tenaga sukwan untuk memenuhi kekurangan tenaga pengajar meski sejak lama resmi dilarang.

Menanggapi problematika yang melingkupi tenaga kependidikan di Bondowoso, sekretaris daerah memberikan wawasan yang bersifat solutif. Keberadaaan tenaga sukwan sejak lama memang sudah dilarang. “ Saya minta semua pihak berhati- hati dan memahami peraturan yang sudah berlaku, kalau berbicara tentang tenaga sukwan, memang dilematis, antara faktor rasa iba, kasihan dan komitmen terhadap ketentuan, sehingga sebagai aparatur pemerintah kita harus mengedepankan aturan yang berlaku, “ tegasnya.

Sekda Hidayat juga mewarning para kepala UPTD untuk memantau tingkat disiplin pegawai yang ada dibawah naungannya. Pasalnya dalam beberapa kali inspeksi beliau menemukan indikasi pelanggaran disiplin mengajar yang tidak tepat waktu.

Meinyinggung soal mutasi pegawai, Sekda menyampaikan bahwa mutasi dilakukan dengan pertimbangan yang matang, jika ada keluhan akibat mutasi adalah hal yang wajar dan menjadi tugas kepala UPT untuk memberikan pembinaan. “ Setiap pegawai, harus bersedia di tempatkan di mana saja sesuai dengan surat keputusan yang sudah ada, karena keputusan diambil sesuai dengan kebutuhan dan pertimbangan tim yang sudah ditunjuk, “ pungkas Sekda melanjutkan.
“ Saya merasa sangat senang dengan pertemuan seperti ini, apalagi jika ada kritik dan koreksi terhadap kebijakan yang saya ambil, sehingga ada umpan balik yang bisa dijadikan pertimbangan dalam mengambil keputusan, “ papar sekretaris daerah menutup paparannya.

http://i1379.photobucket.com/albums/ah128/m_munir1/IMG_0443_zpsasrjkphx.jpg

Mendapat kesempatan memberikan sambutan kepala Dinas Pendidikan kabupaten Bondowoso (Drs. Endang Hardiyanti, MM) menyampaikan apresiasi atas undangan sekda hari ini. Wejangan sekretaris daerah hari ini benar- benar menjadi inspirasi dan dorongan buat semua yang hadir . “ Saya sampaikan termikasih banyak kepada bapak sekda atas koreksi dan petunjuknya, kami akan lakukan upaya perbaikan di semua lini, “ ucapnya singkat.

Menutup rapat, kepala BKD lagi- lagi menyampaikan pentingnya posisi kepala UPTD untuk memberikan pembinaan langsung kepada seluruh aparatur sipil negara di wilayahnya masing- masing untuk meminimalisir pelanggaran disiplin dan mendorong ASN untuk senantiasa meningkatkan kemampuan dan daya saing. (Munir- Pewarta BKD)

About munir

Lihat Juga

Verifikasi Berkas Dupak Diikuti 356 Pemangku Jabatan Fungsional

bkd.bondowosokab.go.id  Sebanyak 356 pemangku jabatan fungsional mengikuti kegiatan penilaian kinerja berupa verifikasi berkas kelengkapan Dupak …