ASSESSMENT 2016 HARI INI MULAI DILAKSANAKAN

BKD.Bondowoso.Info. Kegiatan assessment bagi pejabat struktural tahun 2016 digelar mulai hari ini (12/10). Bertempat di aula Sabha Bina Praja assessment kali ini diikuti oleh pejabat administrasi eselon IIIb sebanyak 6 orang dan eselon IVa sebanyak 94 orang.

Dalam laporannya kepala BKD yang diwakili oleh Sekretaris Badan (Achmad Gozali, S.Sos.MM) menyampaikan bahwa assessment dilaksanakan untuk menghasilkan bahan pertimbangan dan pedoman bagi pemerintah daerah dalam melakukan pembinaan karir di lingkungan pemerintah daerah kabupaten Bondowoso.

“Penilaian kompetensi meliputi manajerial atau soft skill dan kompetensi teknis atau hard skill, “ ujar Gazali .
Kegiatan assassment akan berakhir besok (13/10) dan melibatkan asssesor independen yang sudah kenyang pengalaman yaitu para assesor dari Badan Kepegawaian Daerah Propinsi Jawa Timur.

Sementara itu asisten I (Drs. Agung Tri Handono, SH,.MH) mewakili sekretaris daerah mengatakan bahwa assessment dilaksanakan sebagai bagian dari perubahan paradigma birokrasi. Assessment dilaksanakan sebagai salah satu cara agar seorang pejabat bisa menempati jabatan yang cocok dengan syarat jabatannya. “Assessment juga merupakan upaya penguatan terhadap unit kerja dengan mengisinya dengan orang yang benar- benar sesuai dengan kompetensinya,” timpalnya.

Ketua tim assesor BKD propinsi (Arif) juga menyampaikan hal serupa. Proses assessment akan menggali informasi dan data dari pribadi pejabat. Sehingga dapat dijadikan bahan pertimbangan untuk manajemen ASN baik dalam hal mutasi ataupun promosi. Metode assassment dilaksanakan dengan psyco test, diskusi, presentasi dan wawancara.

Hasil pelaksanaan assessment bersifat rahasia dan akan dilaporkan kepada pejabat yang berwenang serta pejabat pembina kepegawaian dan selanjutnya akan digunakan sebagai pedoman dan pertimbangan dalam pengangkatan, pengembangan, promosi, mutasi dan demosi ASN.

Assessment kali ini diharapkan dapat membantu pelaksanaan manajemen ASN berdasarkan sistem merit sehingga pengembangan karier ASN dapat terselenggara secara profesional, akuntabel dan obyektif dengan tujuan dapat menghasilkan pejabat yang berintegritas, profesional dan kompeten. (Munir-BKD)

About munir

Lihat Juga

Jelang Ujian Penyesuaian Ijazah, Kepala BKD Berikan Pengarahan

bkd.bondowosokab.go.id  Ujian Penyesuaian Ijazah adalah syarat bagi ASN yang memiliki dan memperoleh ijazah sesuai dengan …