AMBIL SUMPAH, BUPATI DORONG PNS UNTUK MENJAGA CITRA POSITIF DAN BERKINERJA BAIK

bkd.bondowoso.go.id. Kegiatan pengambilan sumpah/janji pegawai negeri sipil berlangsung hari ini di halaman pemerintah kabupaten Bondowoso. Acara pengambilan sumpah kali ini juga diikuti dengan acara pembagian petikan surat keputusan kenaikan jenjang dan alih kelompok  jabatan fungsional. (19/11).

Laporan dari kepala BKD menyebutkan bahwa sampai saat ini masih terdapat 579 PNS yang belum melaksanakan sumpah. Sehingga prosesi pengambilan sumpah perlu segera dilaksanakan. “Maksud dan tujuan dilaksanakannya sumpah  adalah merupakan bagian dari pembinaan kepegawaian agar memiliki mental yang baik, jujur, bersih, berdaya guna dan penuh tanggungjawab, “ papar kepala BKD.

Prosesi pengambilan sumpah kali ini menjadi agak berbeda karena bersamaan juga dengan serah terima hasil ujian penyesuaian ijazah berbasis CAT yang kemarin (18/11) sudah dilaksanakan  di laboraturium komputer SMKN 4 Bondowoso.

Tampak hadir wakil bupati Bondowoso, kepala kantor regional II Badan Kepegawaian Negara (BKN), seluruh kepala OPD, Kepala bagian, Inspektur, Asisten dan para Camat se wilayah kabupaten Bondowoso.

Pengambilan sumpah/ janji  PNS dilaksanakan terhadap 32 PNS formasi umum tahun 2014, 303 formasi K2 , 17 PNS Dokter formasi khusus tahun 2017, 67 formasi dari THL-TB, 32 formasi guru garis depan, 9 alumni IPDN dan 38 PNS Kabupaten Bondowoso yang belum disumpah.

Sedangkan penyerahan SK kenaikan jenjang jabatan diberikan kepada 151 PNS yang terdiri dari 105 pejabat fungsional rumpun pendidikan, 44 kesehatan dan 2 ilmu hayat. SK alih kelompok jabatan fungsional diberikan kepada 5 pejabat fungsional rumpun kesehatan dan 2 orang dari rumpun ilmu hayat.

Pada kesempatan ini kepala kantor regional II Surabaya berkesempatan menyerahkan secara langsung rekapitulasi hasil ujian penyesuaian ijazah yang sudah dilaksanakan kemarin.

Dalam sambutannya, kepala kantor regional II BKN Surabaya menyampaikan bahwa PNS di Bondowoso harus paham sejarah Bondowoso dan memaknai semangat para pendahulu untuk membagun etos kerja dalam membangun kota Bondowoso ke depan.

Sementara itu, dalam pidatonya, Bupati Bondowoso (Drs. KH. Salwa Arifin) menyampaikan pesan agar seluruh PNS yang diambil sumpah dan menerima SK alih jenjang untuk ikut membangun dan menjaga citra prositif PNS dengan bekerja sebaik-baiknya. “Saudara harus mampu menunjukkan figur sebagai  PNS yang berkualitas dan profesional. Tingkatkan semangat dan kinerja saudara dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab yang diberikan, agar kualitas kinerja saudara semakin meningkat,” tutur Bupati Bondowoso.

Lebih jauh Bupati menyampaikan bahwa, menjadi PNS saat ini haruslah memiliki kemampuan belajar dan senantiasa mengembangkan diri, memiliki kesadaran dan kepedulian terhadap lingkungan di sekitarnya, serta tanggap terhadap dinamika tuntutan masyarakat. “Oleh karena itu, tanamkanlah kesadaran dalam diri saudara, bahwa saudara adalah bagian penting dari motor penggerak perubahan ke arah yang lebih baik, “pungkasnya.====(Mnr)

About munir

Lihat Juga

BUPATI, AMBIL SUMPAH DAN LANTIK PENJABAT SEKRETARIS DAERAH

bkd.bondowosokab.go.id. Prosesi pengambilan sumpah dan pelantikan penjabat sekretaris daerah kabupaten Bondowoso usai sudah (Jum’at, 30/11). …