Breaking News

Aksi Peduli Kemanusiaan, BKD Bondowoso Kembali Gelar Donor Darah

BKD.Bondowoso.Info – Rutin 3 bulan sekali, BKD Bondowos menggelar donor darah. Seperti hari ini, Kamis (24/3) bertempat di Ruang Lobi BKD Bondowoso kembali digelar donor darah yang diikuti karyawan BKD. Beda dengan periode sebelumnya, jumlah pendonor bertambah. “Darah yang berhasil kami ambil sebanyak 30 kantong,” kata seorang petugas PMI Bondowoso.
http://i1036.photobucket.com/albums/a445/Ahmad_Yulianto/IMG_0503_zpsj6te3vi1.jpg
Aksi kemanusian ini merupakan wujud kepedulian keluarga besar BKD Bondowoso kepada mereka yang membutuhkan. “Lebih baik menjadi pendonor dari pada jadi penerima donor darah,” ujar Kabid Pengembangan (Drs. Juni Sukarno, MM) pada apel pagi tadi. “Dengan rutin donor darah, tidak saja bermanfaat bagi penerima, tapi bagi pendonor banyak hal positif yang sangat bermanfaat bagi kesehatannya,” tambahnya.

Donor darah dimulai pukul 08.30 WIB dan berakhir pukul 11.30 WIB. Selain karyawan BKD, siswa yang melaksanakan Praktik Kerja Industri (Prakerin) dari SMKN 1 Bondowoso dan SMKN 1 Tapen tampak ikut serta mendonorkan darahnya. Berikut beberapa manfaat bila kita rutin donor darah (sumber : http://sehatalamiku.com/tahukah-anda-tentang-manfaat-berdonor-darah-bagi-kesehatan/)

Manfaat Donor Darah Yang Patut Diketahui
Rutin mendonorkan darah merupakan hal yang menguntungkan. Banyak sekali manfaat donor darah bagi kesehatan manusia. Di antaranya adalah sebagai berikut:
• Dapat membantu menyehatkan jantung. Dengan melakukan donor darah, otomatis sirkulasi darah akan menjadi lebih
baik, jantung akan terlatih untuk terus memompa darah sehingga menjadi lebih sehat.
• Meningkatkan produksi sel darah merah dalam tubuh. Darah yang telah didonorkan mendapat ganti dari yang baru dari
dalam tubuh. Sehingga darah produksi sel darah merah akan terus terjaga.
• Mencegah munculnya penyakit stroke.
• Meningkatkan kesehatan secara psikologis.
• Memperbaharui sel darah.
• Mencegah resiko terkena penyakit langka.
• Menurunkan resiko terkena penyakit kanker.
• Menurunkan kadar kolesterol. Kolesterol yang ada di dalam darah secara tidak langsung akan berkurang bersamaan
dengan keluarnya darah yang lama. Ini sangat bagus untuk menurunkan kolesterol.
• Menjadikan pikiran lebih stabil.

Banyak sekali manfaat donor darah bagi tubuh manusia, selain meningkatkan kesehatan dan membantu meregenerasi banyak sel dalam tubuh. Donor darah adalah salah satu penanda bahwa kepedulian kepada sesama merupakan hal yang tidak merugikan dan banyak keuntungan yang di dapat dari mendonorkan darah.

Tahukah kita bahwa donor darah secara rutin dapat membantu menurunkan berat badan? Tubuh ideal dan kulit yang kencang merupakan salah satu manfaat donor darah untuk kecantikan. Pikiran yang stabil juga merupakan kunci kecantikan, orang yang tidak mudah stress cenderung memiliki tubuh yang sehat dan cantik. Donor darah yang rutin bisa membantu anda memiliki pikiran yang sehat dan stabil.

Manfaat Donor Darah Bagi Wanita
Para wanita tentunya akan sangat bahagia jika bisa memiliki berat badan yang ideal dan kuit yang kencang. Maka bukan hal yang percuma jika para perempuan juga merutinkan diri untuk mendonorkan darahnya. Efek pikiran stabil dan mengurangi stress dari rutin mendonorkan darah seperti efek mencegah penuaan dini. Nah demikian banyaknya manfaat donor darah bagi wanita atau manusia pada umumnya.

Jika secara rutin mendonorkan darah anda akan mengalami banyak efek positif, baik bagi diri sendiri maupun bagi orang banyak. Berbagai manfaat donor darah yang diuraikan ini merupakan alasan kuat mengapa donor darah harus dirutinkan. Banyak manfaat donor darah yang bisa diambil bagi kesehatan diri sendiri dan bagi kesehatan sesama manusia.

(Rhizal-BKD)

About munir

Lihat Juga

Verifikasi Berkas Dupak Diikuti 356 Pemangku Jabatan Fungsional

bkd.bondowosokab.go.id  Sebanyak 356 pemangku jabatan fungsional mengikuti kegiatan penilaian kinerja berupa verifikasi berkas kelengkapan Dupak …